BLOGGER FANS JUSTIN AND BIEBER »

Sunday, November 6, 2011

Rahasia Tersembunyi Google

 Selama ini mungkin kita sering menggunakan search engine Google untuk mencari berbagai informasi di internet. Namun hanya sedikit dari kita yang mengetahui rahasia tersembunyi Google. Untuk itu, dalam kesempatan kali ini, saya akan membuat artikel tentang rahasia tersebut.

Rupanya Google menyembunyikan beberapa hal kepada kita, yaitu yang dikenal dengan nama easter eggs. Google memiliki easter eggs, jadinya Google easter eggs yang merupakan layanan rahasia milik Google. Sebenarnya ada banyak Google easter eggs, tapi sekarang saya hanya akan membahas tentang rahasia Google Do A barrel roll, Google askew / tilt, Google Gravity chrome experiments dan Google Gothic.



Untuk yang pertama, yaitu do a barrel roll yaitu untuk menampilkan tampilan berputar atau roll pada halaman kita. Caranya buka Google, kemudian ketik do a barrel roll, nanti ketika kita mengetik -do a barre- secara otomatis halaman tersebut akan berputar ke kanan sebelum kita menyelesaikan ketikan kita –do a barrel roll-. Cara langsungnya adalah dengan mengklik link ini https://www.google.com/search?&q=do%20a%20barrel%20roll


Selanjutnya Google Askew atau Google Tilt, sama seperti sebelumnya, yaitu dengan cara mengetikkan kata Askew pada Google ataupun Tilt. Nanti ketika kita telah mengetikan kata askew ataupun tilt tersebut, maka halaman Google akan berubah menjadi agak miring ke kanan.

Mungkin kita akan mengira ini seperti error pada Google, tetapi sayangnya bukan. Karena ini merupakan salah satu rahasia tersembunyinya. Untuk cara langsung, bisa kita klik ini https://www.google.com/search?&q=askew ataupun https://www.google.com/search?&q=tilt.


Selanjuntya adalah Google Gravity chrome experiments, dimana kita ketikkan kata Google Gravity Chrome Experiments pada Google, kemudian klik “I’m feeling lucky” atau “saya sedang beruntung”. Atau cara mudahnya dengan mengklik langsung link ini http://mrdoob.com/projects/chromeexperiments/google_gravity/.

Nanti Google akan menampilkan halaman utamanya seperti biasa, tapi tunggu dulu perhatikan baik-baik sebentar. Karena… Google terkena pengaruh gravitasi dan akan jatuh ke bawah, semua halaman utama Google akan rubuh. Itu adalah animasi dari gravitasi tersebut, tapi semuanya tetap berfungsi aktif secara normal.


Dan yang terakhir adalah Google Gothic atau link http://www.gothengine.com/. Sebenarnya ini beda dengan yang lainnya karena ini merupakan situs tersendiri, tapi termasuk ke dalam salah satu search engine Google, jadi tetap saya masukkan ke dalam Google Easter Eggs.

Ketika kita buka http://www.gothengine.com/, maka akan ditampilkan halaman seperti halaman utama Google, namun disini sangatlah berbeda. Dimana suasana Gothic atau menyeramkan sangat terasa, mulai dari tulisan Goth Engine berwarna merah yang terbakar api ditambah latar belakang berwarna hitam. Mungkin Google Gothic cocok untuk digunakan ketika Halloween... Trick or treat..


Selain itu, juga ada Easter Eggs lainnya, misalnya adalah kita ketik kata Find Chuck Norris, kemudian klik “I’m Feeling Lucky” atau “Saya sedang beruntung”. Nanti akan ditampilkan halaman pencarian yang kosong dengan tulisan “Google won't search for Chuck Norris because it knows you don't find Chuck Norris, he finds you”. Kemudian ada saran atau suggestions:
·         Run, before he finds you
·         Try a different person

Itulah beberapa dari sekian banyak Google Easter Eggs yang ada, sebuah rahasia tersembunyi yang dimiliki oleh Google yang selama ini tak pernah kita ketahui. Ayo, apalagi ya rahasia Google ini…


Sumber gambar:


0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...