BLOGGER FANS JUSTIN AND BIEBER »

Justin Movie

Loading...

Saturday, November 27, 2010

Pengen Hemat Baterai Laptop? Gini Nih Caranya...



Oke, Anda sedang travelling atau dalam situasi Anda sama sekali tidak melihat ada sumber listrik atau electrical adapter di sekitar Anda. Dan Anda benar-benar butuh baterai notebook Anda bekerja semaksimal mungkin.
Don’t panic! Anda bisa ikuti beberapa tips berikut ketika notebookmu hanya bergantung pada energi dari baterai dan ingin baterai itu bisa bertahan semaksimal mungkin.
  1. Gunakan notebook power management system
    Di Microsoft Windows, aplikasi power management “Power Option” itu adalah di Control Panel. Pada tab Power Options Properties pilih menu “Portable/Laptop”. Para produsen notebook juga ada yang menyediakan aplikasi Power Management buatan mereka sendiri yang tentunya sudah disesuaikan dengan produk mereka. Tentunya untuk memaksimalkan penghematan energi dan daya baterai agar bisa semakin lama. Misalnya Aspire Timeline memiliki Acer powersmart key yang mengatur konsumsi energy yang efisien sehingga menghasilkan daya tahan baterai yang lebih lama.
  2. Matikan Display Brightness
    Anda bisa menurunkan level LCD brightness untuk menghemat daya baterai. Bahkan, level brightness yang rendah mengurangi ketegangan pada mata sehingga mata tidak lelah.
  3. Tutup aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai
    Aplikasi-aplikasi itu menambah berat kerja system di laptop dan menarik energi untuk menjalankannya. Jadi menutup aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan saat itu akan mengurangi beban notebook dan tentunya menghemat energi.
  4. Lepaskan PC Cards atau USB yang tidak digunakan dari Notebook
    Alat-alat tambahan ini menyerap energi bahkan ketika mereka tidak sedang beroperasi. Jadi dengan mencopot mereka dapat memperpanjang daya baterai notebook Anda.
  5. Disable Wirelass LAN or Bluetooth network bila tidak digunakan.
    Dengan alasan yang sama seperti #4. Men-disable aplikasi diatas dapat menghemat daya baterai notebook Anda.
  6. Meningkatkan memori sistem
    Komputer Anda menyimpan data yang digunakan CPU pada sistem memori seperti halnya virtual memori yang disimpan di hard drive. Dengan meningkatkan memori sistem akan mengurangi kerja sistem ke hard drive yang membutuhkan lebih banyak energi daripada memori sistem.
  7. Mengurangi aktivitas Optical Drive
    Hindari aktivitas yang mengharuskan optical drive Anda bekerja secara terus menerus seperti mendengarkan CD karena menyerap banyak daya baterai.
  8. Hindari aplikasi grafis yang intensive
    Hindari membuka software grafis seperti image editor, atau software yang membantu orang untuk memanipulasi visual image. Ketika Anda menjalankan aplikasi ini, sistem notebook Anda harus berada dalam high perfomance setting. Tentu saja akan mengurangi daya baterai secara cepat.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...