BLOGGER FANS JUSTIN AND BIEBER »

Sunday, May 27, 2012

Tips Mudah Belajar Bahasa Korea

Sekarang banyak orang tertarik untuk belajar bahasa Korea. Hal tersebut dikarenakan demam hallyu Korea yang merajalela ke hampir sebagian besar negara di dunia ini, tak terkecuali juga di Indonesia. Akibatnya banyak orang ingin belajar budaya dan bahasa Korea lebih dalam lagi. Mereka menggunakan banyak cara untuk mempelajarinya.

Belajar bahasa Korea memang cukup kompleks. Oleh karena itu, banyak media yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Korea, baik secara langsung maupun tak langsung. Tips mudah untuk belajar bahasa Korea adalah dengan memanfaatkan bahan atau informasi yang ada di media online, baik melalui musik Kpop, drama Korea, maupun sumber lainnya yang ada di internet.

Pihak pariwisata Korea, yaitu Korea Tourism Organization (KTO) memiliki banyak website yang dapat digunakan sebagai bahan untuk belajar bahasa Korea. Melalui fanpage KTO Indonesia dan twitter @KTOJakarta ada informasi mengenai layanan online bagi orang Indonesia yang ingin belajar bahasa Korea, tepatnya melalui note (http://www.facebook.com/note.php?note_id=380653215288896).

Dari note tersebut, ada informasi menarik mengenai tips mudah belajar bahasa Korea, yakni dengan pelatihan berbahasa Korea yang terdiri dari 3 sesi di http://english.visitkorea.or.kr/enu/CU/CU_EN_9_9_1_1.jsp. Dimulai dari sesi pengenalan, kita akan diajak untuk mengenal dasar-dasar dari ilmu bahasa dan tulisan Korea oleh presiden KTO, Mr. Charm Lee.

Setelah itu, sesi kedua merupakan sesi pembelajaran. Di tahap ini, kita akan mempelajari mengenai Hangeul, dimulai dari belajar konsonan Hangeul hingga memahami cara vokal Hangeul yang benar. Setelah itu, kombinasikan antara keduanya secara bersamaan. Masing-masing pembelajaran memiliki rentang waktu sekitar 10 menit.

Sesi terakhir, yaitu sesi latihan dan mencari pengetahuan lebih dalam lagi. Kita akan diajak untuk berlatih membaca lebih lancar lagi kalimat-kalimat yang ada. Terus mempelajari bagian Hangeul dan diakhir akan ada sejumlah alamat website yang dapat dijadikan bahan pembelajaran lagi mengenai bahasa Korea, yaitu Korean Wiki Project, Hangeul: Wikipedia, Talk To Me In Korean, dan KBS Learn Korean.

Itu adalah website-website yang bermanfaat dan dapat kita gunakan dalam mempelajari lebih dalam lagi mengenai bahasa Korea. Sebagian informasi yang ada di website tersebut mempelajari tentang tulisan konsonan Hangeul dan sebagian lainnya mempelajari tentang vokal Hangeul, serta ada juga yang mempelajari keduanya.

Selain dengan menggunakan media online, bagi mahasiswa yang ingin kuliah di Korea bisa mengikuti program bahasa Korea yang banyak ditawarkan oleh universitas-universitas besar di Korea. Beragam program disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Biaya universitas dan perumahan kondisinya berbeda di setiap universitas, jadi kita harus memeriksa banyak universitas dan memilih yang paling sesuai.

Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk kita semua, khususnya bagi anda yang sedang mencari bahan untuk belajar bahasa Korea. Selamat belajar bahasa Korea ya chinggudeul, gamsahapnida… ^^

Sumber gambar :

http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/207883_205756836120260_100000578346544_713366_5474051_n.jpg

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...