BLOGGER FANS JUSTIN AND BIEBER »

Justin Movie

Loading...

Wednesday, April 4, 2012

K-Pop Ada Sejak 600 Tahun Lalu


Saat ini Korea menjadi salah satu negara yang paling banyak diminati wisatawan mancanegara. Hal tersebut dikarenakan demam Korea atau Korean wave yang sedang merambah ke seluruh dunia, termasuk juga Indonesia. Faktor penting yang berperan besar adalah Hallyu, yaitu musik K-Pop dan Drama Korea.

K-Pop mungkin baru terkenal belakangan ini. Tapi tahukah kita bahwa sebenarnya K-Pop sudah ada sejak 600 tahun lalu? Yakni sejak zaman dinasti Joseon. Dari situs http://www.ibuzzkorea.com/touchkoreatour/eng/intro03.html diungkap bahwa tahun 1392 atau zaman dinasti Joseon merupakan awal perubahan musik Korea.



Dinasti Joseon adalah sebuah negara yang merupakan cikal bakal Korea saat ini. Joseon merupakan dinasti yang menganut paham Konfusianisme  terlama memerintah di dunia. Dinasti Joseon bertahan selama 5 abad lebih, yaitu sekitar Juli 1392 hingga Agustus 1910. Masa kekuasaan dinasti ini berakhir saat pada tahun 1910 saat Jepang datang menjajah.

Pendiri dinasti Joseon adalah Yi Seong-gye yang diangkat jadi Raja Taejo. Pada saat inilah, Korea mencapai kegemilangan dalam bidang budaya, sastra dan ilmu pengetahuan. Masa Dinasti Joseon telah meninggalkan warisan yang sangat berpengaruh bagi wajah Korea modern.


Di video tersebut, kita dapat melihat bahwa K-Pop sudah ada sejak 600 tahun lalu. Sejarah tentang musik K-Pop tersebut didokumentasikan kedalam buku, seperti Akhakgwebeom, primadona Hwang Jin Yi, bahkan samulnori tradisional Korea ternyata dulu mengikuti gerakan B-boy. Dimana gerakan B-boy seperti break dance atau tari modern anak muda sekarang.






Group idol atau boyband dan girlband K-Pop pun juga sudah eksis sejak Dinasti tersebut. Di masa tersebut, boyband dan girlband ini cukup terkenal karena sering dihadirkan untuk keluarga kerajaan, keluarga bangsawan serta tur penampilan keliling dunia.

Tak hanya itu, boyband dan girlband ini juga ditampilkan dalam urusan diplomatik hampir diseluruh dunia. Dan semenjak itu juga, pengaruh dari eksistensi ini mulai dikenal luas di kancah Internasional. Serta memiliki komunitas di berbagai belahan dunia.

Anehnya dalam dokumentasi di kertas bersejarah tersebut ada beberapa gambar boyband dan girlband Korea yang memiliki icon mirip dengan boyband dan girlband yang terkenal saat ni, yaitu 2PM dan Miss A. berdasarkan kertas dokumentasi ini, boyband tersebut bernama Mi si dan girlbandnya bernama Mi su ae.


Misi dalam bahasa Korea artinya adalah waktu diantara pukul 1 siang dan 3 sore, yang berarti jam 2 siang atau 2PM. Sedangkan Mi su ae dalam bahasa Korea artinya cantik, anggun dan indah.


Sejarah tentang K-Pop ternyata sudah ada ratusan tahun lalu di Korea dalam masa Dinasti Joseon. Jadi, pengaruh dari sejarah tersebut masih tetap eksis dan sangat disukai saat ini diberbagai negara. Kali ini juga, Korea kembali mengulangi sejarah masa lalunya, dimana dulu pada Dinasti Joseon, musik Korea mencapai masa keemasannya di kancah Internasional. Hal tersebut pun terjadi sama persis saat ini.


0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...