BLOGGER FANS JUSTIN AND BIEBER »

Saturday, May 28, 2011

PENGERTIAN FREEWARE, SHAREWARE DAN OPEN SOURCE

PENGERTIAN FREEWARE, SHAREWARE DAN OPEN SOURCE
Pengertian Freeware, Shareware Dan Open Source. Berbicara seputar download software pasti sobat akan menemukan 3(tiga) istilah Freeware, Shareware Dan Open Source. Beberapa hari yang lalu ada yang menanyakan pengertian freeware dan shareware. Nah.. sekalian dech share disini mengenai pengertian freeware, shareware dan open source... kalau ada yang kurang ataupun salah silahkan tambahkan di kolom komentar ya... :)

PENGERTIAN FREEWARE
Freeware adalah software gratis yang dapat di download dan digunakan namun sobat tidak bisa melihat source code software tersebut. Biasanya disertai syarat tidak boleh memodifikasi software tersebut. Ada pula yang disertai syarat harus untuk kepentingan non-komersial. Tetapi syarat mutlak sebuah software disebut freeware adalah tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaian.

PENGERTIAN SHAREWARE
Shareware adalah software gratis, dapat di download dan digunakan oleh pengguna. Akan tetapi penggunaan software tersebut ada batas waktunya, jika pengguna merasa softwarenya bagus, maka diharuskan membeli. Shareware sering dibatasi lamanya waktu pakai (misalnya trial 30 hari), atau jumlah software tersebut dijalankan (misalnya 30 kali), atau feature-feature tertentu yang tidak bisa diakses. Sesudah masa ujicobanya berakhir, software bisa saja terkunci atau bisa saja tetap berfungsi sebagaimana mestinya dan tetap terbatasi

PENGERTIAN OPEN SOURCE
Terakhir, Open Source adalah software dapat di download dan source code-nya dapat dibuka ke publik. Sehingga bagi yang pinter dengan code-code nya bisa memodifikasi dan mendistribusikan ataupun mempublikasikan source code hasil modifikasi dengan syarat-syarat tertentu, misalnya dengan tetap mempertahankan nama softwarenya.

Nah mungin hanya itulah Pengertian Freeware, Shareware Dan Open Source yang dapat goceng blog sampaikan.. kalau ada tambahan..silahkan ya sob.. :)

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...