BLOGGER FANS JUSTIN AND BIEBER »

Justin Movie

Loading...

Monday, February 6, 2012

Doodle Google Peringati HUT Charles Dickens



Sudahkah Anda membuka Google hari ini? Jika sudah, maka Anda akan melihat hal yang unik di Google hari ini, yaitu pada Doodle Google. Ketika kursor didekatkan ke Doodle Google ada tulisan Charles Dickens’ 200th birthday. Jadi hari ini adalah hari ulang tahun Charles Dickens. Namun siapakah Charles Dickens tersebut?



Charles Dickens atau yang memiliki nama lengkap Charles John Huffman Dickens adalah seorang penulis berkebangsaan Inggris.  Dickens merupakan putra kedua dari pasangan Elizabeth dan John Dickens yang lahir pada tengah malam 7 Februari 1812.

Dickens memiliki delapan bersaudara, tapi di antara semua kakak-adiknya hanya ia yang menjadi penulis terkenal. Karakter dalam karya-karyanya selalu diingat sepanjang masa dan sudah menjadi aneka film, sinetron, kartun, teater dan seni pertunjukan lainnya.

Dua karya fenomenalnya adalah A Christmas Carol dan autobiografi David Copperfield. A Christmas Carol merupakan bacaan favorit bagi anak-anak.


Sedikit beranjak dewasa, mereka akan menyasar karya Dickens yang berbau petualang yaitu Oliver Twist dan A Tale of Two Cities. Semua kisahnya mempunyai garis besar bagaimana mengatasi kerasnya hidup, termasuk tumbuh bersama orang tua.

Kisah tersebut juga dialaminya seperti yang tertulis dalam David Copperfield. Dickens terpaksa harus bekerja pada usia 12 tahun di sebuah pabrik sepatu untuk membantu keluarga. Ia tinggal di asrama kawasan Camden Town, Inggris. Setiap Sabtu, Dickens selalu mengunjungi ayahnya di penjara karena terlilit utang.

Beranjak dewasa, kehidupan Dickens tak kunjung membaik, hingga akhirnya ia bisa menjadi murid di Wellington House of Academy (1824-1827). Tapi meski sudah bebas dari pekerjaan pabrik, keuangan keluarga belum juga membaik. Akhirnya Dickens menjalani aneka pekerjaan mulai dari juru tulis, reporter pengadilan.


Di sela-sela pekerjaan, Dickens mulai menulis dari cerita pendek hingga sebuah buku berjudul Sketches by Boz yang diluncurkan pada 1836. Setelah buku pertama tersebut, maka masa kejayaan Dickens mulai muncul. Namanya mulai dikenal dunia dan ia pun tak hanya menulis tapi juga mulai berakting.


Pada tanggal 8 Juni 1870, Dickens mengalami stroke di rumahnya, setelah bekerja sehari penuh di Edwin Drood. Keesokan harinya, pada tanggal 9 Juni, dan bersamaan juga dengan peringatan lima tahun kecelakaan kereta api Staplehurst 9 Juni 1865, ia meninggal di Hill Place Gad. Meskipun ia ingin dimakamkan di Rochester Chatedral. Kemudian Dickens dikuburkan di Poets' Corner di Westminster Abbey.

Sebuah batu nisan terpancang di makamnya, dan berbunyi: "Untuk mengenang Charles Dickens (penulis Inggris yang paling populer) yang meninggal di kediamannya, Higham, dekat Rochester, Kent, 9 Juni 1870, di usia 58 tahun. Dia simpatisan dengan orang yang miskin, mengalami penderitaan, dan tertindas. Dan dengan kematiannya, Inggris kehilangan salah satu penulis terbesar yang ada di dunia.

Kata-kata terakhir Dickens menjelang ajalnya adalah “Be natural my children. For the writer that is natural has fulfilled all the rules of art” yang berarti "Bersikaplah alami anakku. Karena penulis yang alami telah memenuhi semua aturan seni".

Selamat beristirahat dengan tenang Dickens.




Sumber gambar :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...