BLOGGER FANS JUSTIN AND BIEBER »

Saturday, March 26, 2011

Puting Beliung Terjang Ratusan Rumah di Surabaya


Foto : Puting Beliung Terjang Ratusan Rumah di SurabayaRatusan rumah di sejumlah wilayah di Kota Surabaya rusak akibat terkena terjangan angin puting beliung yang terjadi Sabtu sore (26/3). Informasi yang dihimpun menyebutkan hujan deras disertai adanya angin puting beliung tersebut terjadi di Simo Sidomulyo, Simo Magerejo, Simo Rukun hingga Tanjungsari... Ketua RT 7 RW 17 Simo Sidomulyo VII, Fajar, membenarkan jika banyak rumah warga di Sidomulyo yang rusak terkena angin puting beliung. "Setelah hujan deras terjadi angin puting beliung yang menerjang rumah warga. Bahkan banyak pohon-pohon yang tumbang," ujar Fajar .

Hal yang sama juga diungkapkan warga Sidomulyo lainnya, Endah. Ia menyebutkan terjangan angin puting beliung mengakibatkan genteng-genteng rumah warga beterbangan. "Sebelum angin puting beliung terjadi, sempat terdengar suara ledakan selama tiga kali. Setelah itu terlihat angin berputar dan diikuti dengan hujan deras," kata Endah.

Angin puting beliung tersebut menerbangkan atap rumah warga seperti genting, asbes dan juga kanopi. Angin juga menumbangkan pohon-pohon yang berdiri di tepi jalan sehingga pohon itu jatuh dan memutus kabel listrik. Bahkan kabel Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET) di Simo Magerejo terputus. Kabel besar yang putus tersebut lalu menimpa atap warga yang ada di Petemon X.

Untung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Saat kabel menghantam atap rumah, terjadilah percikan api yang membakar atap, untunglah api segera dapat dipadamkan oleh warga. Karena banyaknya kerusakan pada rumah warga ditambah banyaknya pohon yang tumbang, maka ruas jalan menuju pemukiman warga seperti Petemon II dan Simo Sidomulyo VII ditutup untuk sementara.

Sesaat setelah hujan, listrik langsung padam. Namun, listrik kembali menyala 1,5 jam kemudian. Menurut sejumlah warga, angin puting beliung belum pernah separah ini melanda kawasan perkampungan mereka. (Ant)

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...